15 Juni 2013

Keluhan itu tak elegan

BY ekpan No comments

Tiba-tiba saja terlintas di benak saya tentang "bersyukur" (entah apa ini terinspirasi coretan status sebagian org yg saya baca di sosial media yg terkesan berbau keluh kesah)...sebagai muslim..Quran adl rujukan utama dlm hidup (bersama hadits Rasulullah saw tentunya)... dlm Al Quran telah banyak dijelaskan tentang syukur, salah satunya Allah jelas berfirman:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”(QS. 14:7)

menilik dr ayat di atas sy jd tersadar bahwa masalah syukur ini sebenarnya masalah yg sgt serius..bgmn tidak...konsekuensinya azab Allah...yg ditegaskan jg kl azab Allah itu sangat pedih...
Simpelnya..pemahaman sy yg masih miskin ilmu ini..."kl kita bersyukur..insyaAllah nikmat kita pasti ditambah...kl tidak bersyukur..yg kita hadapi azab Allah.."

nah..jika ditilik lagi..salah satu indikasi tidak bersyukur adl "mengeluh" krn (menurut saya) mengeluh merupakan bentuk ketidakpuasan kita akan apa yg sedang, akan, atau telah kita hadapi...padahal yg kita keluhkan itu smua terjadi atas izin Allah..smua nya berasal dr Allah..dan harusnya semuanya tetap harus disyukuri..bukan dikeluhkan..krn semua yg dari Allah hakikatnya adl baik..

Jika mau sedikit teliti dan objektif...hal yg dikeluhkan itu jauuuuuhhh lebih sedikit dan tidak ada apa apanya dibandingkan dg kesenangan (nikmat) luar biasa melimpah yg telah dikaruniakan Allah seumur hidup kita..

Jadi..apakah pantas kita mengeluh?bukankah mengeluhkan sedikit kesusahan di balik karunia kenikmatan yg demikian luas nampak serupa artinya dg mengingkari nikmat?masih ingat kan dr ayat di atas td kl mengingkari nikmat risikonya adl azab Allah?masih sadar kan kl azab Allah itu ga bs dihalangi siapapun dan sangatlah pedih?

Kesimpulannya...sbg org yg memiliki rasa syukur..ga ada hak sedikitpun untuk mengeluh..semua kondisi harus tetap disyukuri...
Alangkah luar biasanya kita jk bisa tidak terbiasa mengeluh...dan lebih luar biasa lagi jika bisa tidak memamerkan keluhan dlm bentuk apapun baik itu status facebook, tweet, curhat, obrolan,dsb.
Memang menulis status facebook, nge-tweet, berbicara apapun itu sepenuhnya hak kita...tp sbg muslim ada baiknya jika kita tinjau lg surat Ibrahim ayat 7 tadi sblm mengeluh dlm status facebook..twitter..dan dlm segala obrolan kita..
Toh merahasiakan keluhan jg merupakan salah satu kebajikan karena dalam sebuah hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Ada tiga hal yang termasuk pusaka kebajikan, yaitu merahasiakan keluhan, merahasiakan musibah dan merahasiakan sodaqoh (yang kita keluarkan).” (HR. Ath-Thabrani)

- sedikit tulisan dari manusia yg masih sering mengeluh dan sedang belajar bersyukur -

0 komentar:

Posting Komentar